Inspirasi Packaging Ramah Lingkungan

Inspirasi Packaging Ramah Lingkungan

Inspirasi Packaging Ramah Lingkungan – Packaging memang menjadi salah satu komponen yang wajib terdapat dalam sebuah produk, packaging ini berfungsi untuk melindungi produk dari paparan sinar matahari dan debu.

Kemasan adalah salah satu elemen penting dalam perkembangan suatu bisnis. Selain untuk membungkus dan melindungi barang sebelum digunakan, kemasan juga berfungsi sebagai media promosi dan branding produk.

Fungsional dan menarik secara estetika adalah kriteria utama yang perlu diperhatikan dalam memilih kemasan untuk produkmu. Namun seiring maraknya masalah lingkungan, strategi sustainable business atau bisnis yang berkelanjutan semakin banyak diterapkan.

Mengganti kemasan konvensional menjadi kemasan ramah lingkungan agooage adalah salah satu cara menerapkan bisnis yang lebih berkelanjutan. Berikut adalah 6 ide sustainable packaging unik yang bisa kamu coba.

1. Kemasan dari jamur

Untuk menggantikan styrofoam atau gabus sintetis, kamu bisa mencoba kemasan unik satu ini. Mushroom packaging alias kemasan jamur ini terbuat dari akar jamur dan residu dari pertanian. Miselium (jamur) dibiarkan tumbuh di sekitar residu hingga bentuknya sesuai kemasan yang diinginkan, lalu pertumbuhan dihentikan dengan cara dikeringkan dan dipanaskan.

Hasilnya adalah material komposit alami yang karakteristiknya menyerupai gabus. Selain tahan panas, tahan air, dan efektif dari segi biaya, sampah kemasan jamur ini juga dapat langsung dikomposkan. Unik, bukan?

2. Wadah pelepah

Kemasan inovatif ini datang dari dalam negeri. Berawal dari riset, sebuah organisasi berbasis pemberdayaan masyarakat lokal bernama Plepah berhasil membuat wadah makanan ramah lingkungan dari limbah organik pelepah pinang.

Wadah pelepah ini diproduksi dengan konsep mikro manufaktur yang menggunakan pendekatan teknologi tepat guna, sehingga sistem produksinya lebih fleksibel, adaptif, dan berkelanjutan. Selain itu, kemasan food grade dari pelepah ini telah diolah sedemikian rupa sehingga tahan panas, tahan air, tahan minyak, dan cepat terurai secara alami.

3. Kemasan dari notpla

Notpla adalah material gel transparan yang dikembangkan dari kombinasi rumput laut dan tanaman. Selain mampu terurai dengan cepat dalam waktu 4-6 minggu, kemasan pembungkus dari Notpla juga bisa langsung dikonsumsi.

4. Gelas ampas kopi

Minum kopi menggunakan gelas dari kopi, kenapa tidak? Sebuah startup di Berlin berhasil mengembangkan reusable cup dari material daur ulang ampas kopi. Limbah ampas kopi bersama bahan lain berbasis tanaman dikeraskan dengan biopolimer membentuk gelas atau cangkir.

Selain kuat dan tahan lama, cangkir dari ampas kopi ini memiliki aroma khas kopi yang ringan dengan tampilan elegan yang menyerupai perpaduan marmer dan kayu. Tertarik mencoba?

5. Plantable packaging

Plantable packaging atau kemasan yang bisa ditanam adalah salah satu alternatif kemasan ramah lingkungan yang tak kalah unik. Terbuat dari kertas ramah lingkungan dengan material daur ulang, kemasan ini mengandung benih bunga, sayuran, dan tanaman herbal siap tanam.

Cara menanamnya sangat mudah, cukup letakkan sampah kertas kemasan pada tanah dan tanaman akan tumbuh dengan sendirinya. Ada pula kemasan yang cukup dibasahi dengan air hingga tumbuh kecambah. Menarik!