Pemprov DKI Berikan Sanksi Usulan Raperda Covid-19

Pemprov DKI Berikan Sanksi Usulan Raperda Covid-19

Pemprov DKI Berikan Sanksi Usulan Raperda Covid-19 – Dengan maraknya kasus akibat dampak dari pandemi covid-19 Pemerintah Provinsi DKI bersama dengan DPRD tengah membahas penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penanganan COVID-19. Dalam draf Raperda Penanganan COVID-19 Bab XI Pasal 35 berisi tentang adanya sanksi pidana bagi pelanggar.aturan.

Meski demikian, dalam draf Raperda itu belum tercantum rincian seberapa berat sanksi pidana yang akan diberikan. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan sanksi pidana yang akan diberikan akan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Terkait sanksi pidana ini sedang kami atur dengan DPRD dan juga aparat hukum ketentuan ini harus mengatur pada peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi lagi dan nanti yang dimungkinkan melakukan sanksi pidana diserahkan kepada aparat hukum, jadi bukan Pemprov DKI Jakarta,” ujar Riza di Gedung DPRD DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (30/9/2020).

Baca Juga: Tegasan JokoWidodo Bahwa Pelaksanan Pilkada Tidak Akan Di Tunda

Sementara itu, denda progresif yang saat ini berlaku dalam Pergub Nomor 79 Tahun 2020 tak tercantum dalam Raperda Penanganan COVID-19. Menurut Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik, segala aturan yang belum lengkap dalam Raperda akan dibahas di Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI Jakarta.

“Iya nanti dibahasnya di Bapemperda. Ini kan sekarang pandangan fraksi atas Raperda, habis pandangan fraksi kan jawaban, baru setelah itu pembahasan pasal per pasal di Bapemperda insyaallah pertengahan bulan ini selesai,” kata Taufik.

Seperti diketahui, saat ini penanganan Corona di Jakarta memiliki payung hukum peraturan gubernur (pergub). Saat ini, pergub yang dijalankan adalah Pergub Nomor 88 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB dan Penanganan COVID, dan Pergub Nomor 79 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan.

Related posts