Inilah Buku Inspirasi Karya Penulis Indonesia

Inilah Buku Inspirasi Karya Penulis Indonesia

Inilah Buku Inspirasi Karya Penulis Indonesia – Saat ini sudah semakin banyak orang yang membutuhkan sebuah motivasi yang dapat menaikkan semangat yang semakin lama semakin tumbang. Pasti banyak dari kalian yang sengaja membaca buku untuk mendapatkan inspirasi. Entah itu mengenai kehidupan, percintaan, karir, ataupun aspek lainnya. Buku inspiratif memang bisa jadi penyelamat rahasia. Apalagi dengan banyaknya buku fiksi yang bisa menginspirasi pembaca.

Nah, supaya kamu bisa terus terinspirasi, sudah menyiapkan rekomendasi buku inspiratif dari penulis-penulis nusantara! Apa saja rekomendasinya? Tengok dulu aja artikel ini!

1. Burung-Burung Manyar, Y. B. Mangunwijaya (2014)
Salah satu novel Indonesia legendaris yang kamu wajib baca adalah Burung-Burung Manyar karya Y. B. Mangunwijaya. Novel ini mendapatkan rating 4,11 dari 3.007 orang di situs Goodreads, lho. Meskipun diterbitkan pertama kali pada 1981, kisah inspiratif dari Teto dan Ati ini masih relevan hingga sekarang.

Burung-Burung Manyar mengisahkan perjalanan hidup Teto, lelaki Indonesia yang bekerja sebagai tentara Belanda. Teto sering menghadapi pilihan hidup yang sulit, bahkan ketika berhadapan dengan cintanya, Ati, pejuang kemerdekaan sejati. Isu nasionalisme, kemanusiaan, dan cinta disampaikan secara indah oleh Romo Mangun dalam novel sejarah ini.

2. Seperti Rindu, Dendam Harus Dibayar Tuntas, Eka Kurniawan (2014)
Kalau kamu jarang mendengar nama Y. B. Mangunwijaya, bagaimana dengan Eka Kurniawan? Karya penulis kebanggaan Indonesia ini udah banyak diterjemahkan ke berbagai bahasa, lho. Salah satunya adalah Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas alias Vengeance is Mine, All Others Pay Cash.

Eh, tapi ini buku khusus dewasa, ya. Bahasa yang digunakan Eka Kurniawan memang sangat vulgar tanpa basa-basi. Permasalahan dalam cerita ini adalah Ajo Kawir yang impoten. Rasa frustrasinya berujung pada hidup yang penuh berjibaku. Tapi, penuh dengan pesan-pesan yang pastinya ingin kamu dengar ketika kesulitan.

3. Negeri 5 Menara, Ahmad Fuadi (2009)
Lima tahun setelah diterbitkan, buku inspiratif berjudul Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi ini diadaptasi ke layar lebar. Makanya, pasti kamu udah pernah dengar judul yang satu ini. Bukan isapan jempol, buku inspiratif ini dinilai sangat baik, yaitu 4,06, oleh 10.716 orang di situs Goodreads.

Adalah Alif, anak kampung yang terkesima dengan banyak hal baru dalam hidupnya. Kisah Alif mengubah angan menjadi kenyataan juga akan membuatmu terkesima. Jangan pernah remehkan mimpi sekecil dan sesepele apa pun. Cocok banget buat kamu yang sedang butuh motivasi!

4. Sirkus Pohon, Andrea Hirata (2017)
Jangan hanya baca buku Andrea Hirata yang Laskar Pelangi (2007) atau Padang Bulan (2011) aja! Meskipun baru diterbitkan bulan Agustus 2017 lalu, buku ini udah mendapat respons positif dari masyarakat, lho.

Masih khas Andrea Hirata, tokoh dalam Sirkus Pohon sangatlah banyak. Tokoh utamanya kali ini adalah Sobri alias Hob. Lelaki lulusan SMP ini mengakhiri masa penganggurannya dengan bekerja sebagai badut kampung. Siap-siap menemukan banyak hal menarik dari kisah tokoh yang sangat sederhana ini.

5. Tarian Bumi, Oka Rusmini (2000)
Indonesia juga punya perempuan penulis yang keren! Salah satunya adalah Oka Rusmini yang masuk ke dalam dunia sastra Indonesia secara berani. Buku Tarian Bumi sangat kontroversial, bahkan dianggap sebagai pemberontakan terhadap adat Bali seperti yang dituliskan oleh kritikus Tempo.

Novel Tarian Bumi mengupas kelemahan yang ada di balik layar keindahan adat Bali. Kisah tentang kehidupan perempuan Bali yang terbatas pada banyak hal seperti adat dan jenis kelamin. Lewat buku inspiratif ini, kamu akan semakin diingatkan bahwa setiap orang punya cerita perjuangannya sendiri.

Related posts